Selamat Datang di RumaKyan....,

Madu Zaida adalah madu murni #rawhoney.
Madu segar, non olahan (unprocessed), dimana madu benar-benar asli diperoleh dari sarang lebah madu tanpa proses pemanasan dan ultra filtrasi.
Rawhoney hanya melalui proses pemisahan madu dari sarang lebah dan penyaringan sederhana sehingga kandungan madu dan terjaga utuh.

Saturday, April 13, 2013

Manfaat Alat Permainan Edukatif (APE) dan Alat Peraga

Contoh APE : Labirin Geometri
Mengajar dengan Lebih Cepat
Waktu untuk menyampaikan pelajaran sering kali sangat terbatas. Bila pelajaran hanya disampaikan dengan kata-kata saja mungkin dapat disalah-pahami oleh pendengarnya, belum lagi waktu yang dipakai juga panjang. Namun dengan bantuan alat-alat peraga guru bukan saja dapat menjelaskan banyak hal dalam waktu yang lebih singkat, juga dapat mencapai hasil mengajar dengan lebih cepat.
Penelitian di University of Pennsilvania’s Wharton School of Business menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan maksud tertentu dapat dikurangi hingga 40 persen ketika alat peraga digunakan bersama presentasi kita. Dengan kata lain, manfaat alat peraga juga dapat menghemat waktu.

Mengatasi Masalah Keterbatasan Waktu
Manfaat alat peraga lainya adalah kita dapat menampilkan kembali peristiwa-peristiwa sejarah dalam bentuk alat-alat peraga tertentu. Dengan demikian masalah keterbatasan waktu dapat teratasi.

Mengatasi Masalah Keterbatasan Tempat
Keterpisahan wilayah ini juga disertai dengan perbedaan kebudayaan. Perbedaan kebudayaan ini juga dapat menimbulkan pemahaman yang salah. Pemanfaatan alat peraga mampu mengatasi kesalahpahaman dan kekeliruan tersebut.

Mengatasi Masalah Keterbatasan Bahasa
Kemampuan anak-anak untuk mengerti bahasa sangat terbatas. Pengalaman hidup yang pendek dan dangkal juga menyebabkan mereka tidak dapat mengerti istilah-istilah tertentu. Misalnya: mereka mungkin tidak mengerti arti “kerja sama”, namun bila dijelaskan dengan sebuah gambar tentang anak yang bekerja bersama-sama, mereka pasti dapat mengerti maksud kata tersebut. Bagi orang dewasa bahasa juga mempunyai batasan tertentu. Sebab itu, ensiklopedia dan buku-buku ilmu pengetahuan lain, membutuhkan gambar-gambar untuk mengatasi keterbatasan dalam bahasa. Manfaatalat peraga disini terutama mengurangi kendala-kendala bahasa tersebut.

Membangkitkan Emosi Manusia
Manfaat alat peraga juga dapat membangkitkan emosi manusia. Ada pepatah: “sebuah gambar mewakili ribuan kata-kata.” Menyampaikan suatu berita dengan gambar-gambar akan lebih berhasil dibandingkan dengan hanya melalui kata-kata. Apalagi bila ada suara hidupnya tentu akan lebih mudah menyampaikan berita tertentu dibandingkan dengan melalui kata-kata.

Menyampaikan Suatu Konsep dengan Bentuk yang Baru
alat peraga yang berbentuk gambar sketsa, bagan dan lain-lain. Manfaat alat peraga visual adalah memudahkan penerimaan suatu konsep yang jelas dengan segera, dapat merangsang pikiran, juga dapat memberikan penerangan dan penjelasan yang baru dan nyata.

Menambah Daya Pengertian
Jika nilai-nilai penggunaan yang telah disebutkan tadi disimpulkan, jelas bahwa manfaat alat peraga adalah dapat membantu murid mengerti lebih baik. Melalui indera penglihatan dan pendengaran, murid dapat mengerti pelajaran dengan memahami perbedaan arti, perbedaan warna serta bentuk besar dan kecil. Dengan demikian hal itu akan menambah daya pengertian mereka.

Menambah Kesegaran dalam Mengajar
Cara mengajar yang monoton membuat orang merasa bosan, tetapi bila disampaikan dengan bentuk yang berbeda-beda akan memberikan kesegaran pada murid, menambah suasana belajar yang menyenang, dan mampu membangkitkan motivasi belajar. Pemanfaatan alat peraga harus bervariasi, supaya di tengah suasana yang segar dan menyenangkan murid dapat mempelajari materi dengan lebih efektif.
Dari uraian diatas dapat diketahui begitu banyaknya manfaat alat peraga dalam proses pembelajaran. Semoga Bermanfaat.

Sumber : mainananakkreatif[dot]com

No comments:

Post a Comment